16 Alasan yang Bikin Kamu Kagum pada Jepang

16 Alasan yang Bikin Kamu Kagum pada Jepang

Negara berjuluk Negeri Matahari Terbit itu memang negara yang unik, apa sajakah keunikanya?
Dream - Jepang adalah salah satu tempat yang paling luar biasa di dunia. Di Jepang, tradisi selama berabad-abad masih dipelihara dengan baik. Bahkan bisa hidup berdampingan secara damai dengan teknologi yang berkembang pesat.

Negara berjuluk Negeri Matahari Terbit itu memang negara yang unik. Tak percaya?

Berikut adalah 16 alasan mengapa julukan tersebut pantas disematkan kepada negara Jepang.

1. Tokyo kota metropolitan yang paling aman di dunia

Riset yang dilakukan The Economist Intelligence Unit menyebutkan kota Tokyo adalah yang paling aman di dunia.

2. Menyediakan panduan dan manual yang sangat rinci

Di setiap sudut fasilitas publik di Jepang telah tersedia panduan dan manual yang bahkan orang asing bisa mengerti dengan mudah. Sebab, teks-teks sering diterjemahkan dalam bahasa Inggris lengkap dengan gambarnya.

3. Jepang punya hari ulang tahun umum untuk anak-anak

Tanggal 15 November dirayakan besar-besaran sebagai hari anak-anak yang berusia 3, 5, atau 7 tahun. Hari spesial itu dinamakan Shiti-Go-San, yang diterjemahkan secara harfiah sebagai 'Tujuh-Lima-Tiga'. Angka usia ganjil dianggap mistis di Jepang karena melambangkan tahapan penting dari tumbuh dewasa seorang anak.

4. Senam pagi bersama adalah tradisi di Jepang

Seperti layaknya kantor-kantor pemerintahan di Indonesia yang melakukan senam pagi setiap hari Jumat, orang-orang Jepang melakukannya setiap hari. Sekolah, kantor pemerintah dan perusahaan memulai hari mereka dengan senam pagi bersama.

Tradisi ini telah ada sejak tahun 1928, dan secara luas mendapat dukungan. Karena tidak hanya membuat tubuh sehat, tetapi juga mendorong orang-orang untuk menjadi lebih dekat satu sama lain. Ini hal yang sangat penting dalam sebuah negara komunal seperti Jepang.

5 Hari Jumat adalah hari istimewa bagi karyawan

Bukan rahasia lagi bahwa karyawan di Jepang sering menderita kelelahan karena terlalu banyak bekerja setiap hari. Untuk mengatasi ini, pemerintah menyetujui program yang disebut Jumat Premium.

Di hari Jumat terakhir setiap bulan, karyawan boleh meninggalkan jam kerja lebih awal. Yang pertama kali memanfaatkan inisiatif ini (dan untuk mendorong orang lain untuk melakukannya) adalah Menteri Ekonomi Hiroshige Seko.

6. Banyak perusahaan dengan sejarah yang panjang

Hak milik sangat dilindungi di Jepang. Karena itu perusahaan-perusahaan bisa bertahan hingga ratusan tahun. Salah satunya Hoshi Ryokan, sebuah hotel kuno di Jepang. Hotel ini berdiri sejak tahun 718 dan dikelola oleh keluarga yang sama selama 46 generasi.

7. Punya cagar alam yang indah

Di antaranya adalah Zao Fox Village yang terletak di Prefektur Miyagi di Pulau Honshu. Zao Fox adalah sebuah desa penuh dengan rubah liar, dan semua orang, kecuali anak-anak kecil, dapat mengunjungi dan memberi mereka makan.

8. Perbaikan jalan raya berlangsung sangat cepat

Pada tahun 2014, sebuah lubang besar sedalam 13,7 meter muncul di tengah jalan raya di Fukuoka. Lubang itu mungkin akibat dari bangunan bawah tanah. Tapi, untungnya tidak ada yang terluka.

Tetapi sungguh sulit dipercaya, lubang itu diperbaiki hanya dalam waktu 48 jam. Perbaikan super cepat itu tentu mengejutkan pengguna internet di seluruh dunia.

9. Pekerja pemeliharaan jalan yang sangat hati-hati

Pekerja pemeliharaan jalan pada gambar ini menutupi seluruh permukaan mobil di dekat mereka bekerja untuk menjaganya dari terkena kotoran.

10. Kenyamanan maksimal di ruang yang minimal

Orang Jepang biasanya tinggal di apartemen berukuran kecil. Meski begitu, semua bangunan apartemen telah menyediakan wastafel di setiap balkon agar penghuninya bisa merawat tanaman dengan mudah.

11. Sangat perhatian terhadap detail

Bahkan untuk urusan desain lubang selokan, orang Jepang membuatnya sangat indah hingga bisa menyaingi pameran seni di museum.

12. Kereta peluru selalu tepat waktu

Kereta api berkecepatan tinggi yang disebut dengan Shinkansen dikenal sebagai kereta peluru. Disebut kereta peluru karena kecepatannya bisa mencapai 321 km/jam.

Tidak hanya itu, semua kereta api dan komuter di Jepang selalu datang tepat waktu. Karena itu keterlambatan sangat tidak disenangi orang Jepang, meski itu bukan karena kesalahan individu.

13. Sistem peringatan di setiap ponsel

Selain J-Alert yang memudahkan pemerintah memberi peringatan terhadap warga melalui media dan pengeras suara, di Jepang ada sistem peringatan melalui SMS.

Sistem tersebut tertanam di setiap ponsel, dan ketika ada bahaya, sistem tersebut akan mengirimkan peringatan dalam bentuk SMS dalam waktu 4-20 detik.

14. Variasi makanan yang sangat banyak

Anda dapat menemukan apa pun di Jepang, dari pancake Okonomiyaki tradisional hingga permen sakura rasa coklat. Baru-baru ini sebuah kafe menyediakan makanan yang bentuknya mirip blok Lego.

15. Seni mengukir sayuran dan buah

Mukimono, seni mengukir sayuran dan buah, tersebar luas di Jepang. Setiap daerah bahkan memiliki tema mukimono-nya sendiri.

16. Pasta gigi yang bisa mengatasi gigi berlubang

Ilmuwan Jepang Kazue Yamagashi menemukan pasta gigi yang dapat mengembalikan retak kecil dan penyok pada gigi dengan cepat dan tanpa rasa sakit.

Pertama, zat yang terkandung dalam pasta sedikit demi sedikit akan mencairkan permukaan enamel yang retak. Setelah 3 menit, pasta akan mengkristal, dan menempel ke dalam struktur enamel alami.

(Sah/brightside.me)

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Tanaman dengan judul 16 Alasan yang Bikin Kamu Kagum pada Jepang. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://april3an.blogspot.com/2017/04/16-alasan-yang-bikin-kamu-kagum-pada.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Guntur Sapta - Monday, April 24, 2017

Belum ada komentar untuk "16 Alasan yang Bikin Kamu Kagum pada Jepang"

Post a Comment